Jadwal Tentatif Rekrutmen TKHI PPIH PKHI 2019 M 1440 H


Musim haji 2018 hampir berakhir. Jemaah Haji Indonesia mulai secara bertahap dipulangkan ke tanah air seusai menunaikan ibadah haji, dan alhamdulillah semua proses berjalan dengan lancar sampai saat ini. Kelancaran proses ibadah haji tidak lepas dari peran para petugas kesehatan haji yang mendampingi jemaah haji di Tanah Suci. Oleh sebab itu, pemerintah melalui kementrian Kesehatan akan kembali membuka penerimaan atau rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia untuk periode 2019 M atau 1440 H.

Jadwal Tentatif Rekrutmen PKHI TKHI PPIH Periode 2019 M / 1440 H

Jadwal tentatif adalah jadwal perkiraan pembukaan dan proses penerimaan petugas kesehatan haji Indonesia. Jadwal ini dapat berubah karena bersifat tentatif. Biasanya lebih banyak mundur menyesuaikan keadaan saat itu.

Pada tahun periode tahun 2018 lalu, jadwal tentatif banyak mundur nya sehingga banyak dari peserta pendaftar atau peminat menanyakan hal tersebut di media facebook maupun melalui website kesehatanhaji.com. Mungkin perlu dipahami bagi para peminat bahwa jadwal ini bersifat tentatif artinya hanya bersifat perkiraan, bisa maju atau mundur, namun pengalaman tahun lalu, jadwal tentatif dibanding dengan jadwal aslinya akan lebih mundur. Untuk lebih pastinya, silahkan melakukan pengecekan rutin pada INBOX akun peminat yang bisa dibuka dengan melakukan login di http://rekrutmen.puskeshaji.kemkes.go.id/rekrutmen/

Pembuatan Akun

Pembuatan akun bisa dilakukan sepanjang tahun. Hal ini sesuai dengan jadwal tentatif PKHI 2019 M / 1440 H.

Pengambilan Nomor Registrasi (NR), Pengisian Data Elektronik dan Tes Potensi

Pengambilan Nomor Registrasi (NR), Pengisian Data Elektronik dan Tes Potensi diperkirakan bisa dilakukan mulai tanggal 24 September 2018 - 13 Oktober 2018. Jadwal ini masih bisa dipermundurkan atau diperpanjang, jadi cek inbox akun peminat setiap hari agar tidak ketinggalan berita terbaru. Untuk tips mengerjakan tes potensi sudah kami pernah bahas pada website ini.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Tes Potensi

Seleksi Data Elektronik dan Verifikasi

Pada tahap ini akan dilakukan seleksi data peserta atau peminat yang masuk. Proses seleksi ini dilakukan mulai tanggal 15 Oktober 2018 sampai 27 Oktober 2018. Peserta atau peminat yang lolos pada tahap ini akan melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu MCU, Tes Kebugaran dan Pengiriman Berkas. Sekali lagi, jadwal ini bersifat tentatif, jadi bisa maju atau mundur sesuai dengan situasi saat itu.

Tahap MCU, Pemeriksaan Kebugaran dan Pengiriman Berkas

Tahap ini dimulai pada tanggal 29 Oktober 2018 sampai 17 November 2018. Pada tahap ini peserta atau peminat diwajibkan melakukan serangkaian tes kesehatan atau Medical Check Up (MCU) dan Tes Kebugaran. Kami juga sudah pernah membahas MCU dan Tes Kebugaran ini pada website Kesehatanhaji.com. Tes Kebugaran yang biasa digunakan untuk rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia adalah tes kebugaran rockport.

Seleksi Berkas / Validasi dan Nominasi Peserta Latih

Seleksi Berkas atau Validasi dilakukan mulai tanggal 19 November 2018 sampai 8 Desember 2018. Berkas yang masuk akan dilakukan validasi. Setelah dinyatakan valid, maka peserta atau peminat akan mendapatkan Nominasi Peserta Latih. Nominasi Peserta Latih sendiri akan diumumkan bertahap mulai tanggal 10 Desember 2018 sampai 22 Desember 2018. Jadwal ini dapat mengalami perubahan karena masih bersifat tentatif.

Tes Psikometri

Setelah masuk ke tahap nominasi peserta latih, peserta atau peminat akan melakukan tes psikometri. Tes Psikometri ini dapat dilakukan mulai tanggal 24 Desember 2018 sampai 5 Januari 2019. Sekali lagi, jadwal bisa maju atau mundur. Silahkan cek Inbox akun peminat untuk jadwal pastinya.

Tes ini pernah kami bahas pada website kesehatanhaji..com. Pada tes ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan peserta juga harus mengetahui tes psikometri itu seperti apa. Silahkan membaca artikel berikut ini : Tes Psikometri

Pelatihan Kompetensi

Pelatihan ini dilakukan apabila semua tahap sudah dilakukan dan dinyatakan lolos. Pelatihan biasanya dilakukan ditingkat embarkasi pemberangkatan. Dilakukan mulai tanggal 13 Januasi 2019 sampai 9 Februari 2019 atau menyesuaikan jadwal dari masing-masing embarkasi. Lebih lengkapnya silahkan cek Inbox untuk jadwal terbaru.

Pelatihan Intergrasi

Pelatihan ini merupakan pelatihan gabungan atau Latgab dengan petugas haji dari kementrian Agama. Tiap kloter biasanya akan disertai dua petugas dari Kemenag yaitu TPHI dan TPIHI. TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) disebut juga ketua kloter, sedangkan TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia). Dan 3 orang dari Kemenkes yaitu 1 TKHI Dokter dan 2 TKHI Perawat. Pelatihan Integrasi ini menyesuaikan jadwal dari masing-masing Kemenag tingkat embarkasi. Jadwal yang terbaru silahkan cek Inbox akun peminat masing-masing.

Mungkin itu sekilas tentang Jadwal Tentatif Rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia. TKHI / PPIH.