Pengambilan Nomor Formulir


Pengambilan Nomor Formulir adalah tahapan selanjutnya setelah peminat mempunyai akun peminat Petugas Kesehatan Haji Indonesia dan mengisi data untuk pendaftar yang berminat menjadi PKHI sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kesehatan maupun Tim Kesehatan Haji Indonesia. Setiap peminat harus memilikinya dan setiap peminat hanya dibolehkan memiliki satu nomor formulir, tidak boleh lebih. Nomor formulir ini akan digunakan sebagai kode identifikasi untuk masuk ke tahapan selanjutnya.
Baca Juga : Pengambilan Nomor Formulir, Pengisian E-Filling, Tes Potensi Peminat, Pemberkasan, Tes Psikometri dan Pemberian Nominasi Peserta Latih
Pengumuman rentang waktu pelaksanaan tahapan ini disampaikan atau diumumkan, dengan ketentuan : pada satu hari sebelum hari pembukaan dan pengumuman TUTUP disampaikan atau ditayangkan selambat-lambatnya 5 (lima) hari sebelum penutupan.

Cara mendapatkan Nomor Formulir :

Untuk dapat memperoleh formulir, lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Persiapan akses internet untuk pengambilan nomor formulir secara online. Akses internet harus baik dan stabil, hal ini untuk mencegah terjadinya kegagalan sistem mengeluarkan nomor formulir karena akses internet komputer terputus.
  2. Pengambilan Nomor Formulir dilakukan melalui akses AKUN peminat di website http://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen. Setelah login AKUN peminat di website tersebut, akan tersedia ikon atau tombol pada MENU “DAFTAR SEBAGAI PKHI 2016 atau 2017 atau 2018” untuk memilih tahun tugas dan mendapatkan Nomor Formulir sesuai dengan tahun peminatan.
  3. Tersedia pilihan tahun tugas 2017, 2018, dan 2019. Pendaftar hanya memilih 2 (dua) kesempatan dari 3 (tiga) tahun pilihan penugasan. Pada setiap kesempatan tahun tugas, peminat diharuskan memilih satu jenis tugas tertentu, tugas yang dimaksud adalah sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kesehatan atau sebagai tim kesehatan haji Indonesia. Misalnya anda memilih tahun 2016 ini sebagai tim kesehatan haji indonesia dengan formasi perawat, maka itulah yang harus anda isikan di pilihan yang disediakan.
  4. Pemilihan tahun tugas menjadi dasar penerbitan Nomor Formulir secara otomatis oleh SISTEM, setelah dilakukan SUBMIT. Nomor Formulir biasanya berawalan NF kemudian diikuti oleh tahun yang dipilih dalam bentuk tahun Hijriyah. Untuk tahun depan, apabila anda mengikuti rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia maka anda harus mengambil nomor formulir lagi, untuk tahun depannya.
  5. Penting diketahui bahwa pilihan tahun tugas (setelah SUBMIT) tidak dapat diubah atau diedit.
  6. Pilihan jenis tugas dan tenaga pada pilihan tahun tugas tertentu dapat diubah sebanyak 1 (satu) kali sebelum mengikuti tes potensi. Kesempatan satu kali ini harap diperhatikan oleh calon petugas kesehatan haji Indonesia, jangan sampai pilihan jenis tugas dan tenaga diubah berulang-ulang sehingga terjadi kesalahan dan anda tidak dapat mengikuti tes petugas kesehatan haji indonesia tahap selanjutnya.
  7. Jenis tugas disesuaikan berdasarkan kualifikasi kompetensi dan pengalaman kerja masing-masing pendaftar.
  8. PASANGAN SUAMI-ISTRI tidak dibenarkan memilih tahun tugas yang sama dan akan dikendalikan dengan aplikasi. Sistem yang telah dibuat oleh panitia rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia tidak memungkinkan suami istri untuk mendaftar pada saat bersamaan, hal ini untuk mencegah terjadinya penelantaran tugas sebagai tenaga kesehatan haji Indonesia karena sibuk berjalan-jalan dan berbelanja dengan istri ataupun suami. Untuk menghindari hal tersebut maka panitia rekrutmen mempersyaratkan surat izin dari suami atau istri pada saat tahap pengiriman berkas setelah melakukan tahap tes potensi.
Itulah cara mendapatkan nomor formulir setelah membuat akun peminat, namun alangkah baiknya tetap berkonsultasi dengan teman-teman sejawat yang sudah pernah melakukan tugas sebagai tenaga kesehatan haji indonesia agar tidak salah. Teman-teman yang telah menjadi petugas akan sangat senang membantu proses pendaftaran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya” . (HR Muslim)

Allah Azza wa Jalla berfirman:
ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (QS. Al-Maidah : 2)

Semoga Allah subhanahuwata’ala memberikan kemudahan kepada kita untuk menjadi petugas kesehatan haji Indonesia.

Semoga bisa sedikit membantu, untuk proses pembuatan akun peminat terbaru, silahkan merujuk ke website puskeshaji. Artikel ini dibuat tahun 2016, informasi yang disajikan belum tentu terupdate. Terima Kasih




0 Response to "Pengambilan Nomor Formulir"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.