Inilah Perbedaan Tes Psikometri dengan Psikotes


Mungkin istilah psikotes dan psikometri sudah akrab sekali ditelinga kita. Terlebih kita yang sudah memasuki dunia kerja, hampir setiap melamar pekerjaan di satu tempat pasti melakukan tes psikologi. Tapi mungkin diantara kita ada yang masih bingung dengan kedua istilah tersebut? Inilah Perbedaan Tes Psikometri dengan Psikotes

Pada pembahasan sebelumnya telah saya singgung tentang Apa itu Tes Psikometri. Nah kali ini saya akan mengajak untuk mengetahui perbedaan Psikotes dan Tes Psikometri.

Pengertian Tes Psikometri dan Psikotes

Istilah Psikotes atau Tes Psikologi meliputi segala macam tes yang berfungsi untuk menilai aspek psikologis seseorang, baik berupa tes psikologi dengan instrumen maupun tes psikologi yang tidak menggunakan instrumen pengukuran (contoh : wawancara).

Sedangkan Psikometri adalah pengukuran aspek psikis seseorang dengan alat atau instrumen yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jadi apa perbedaannya? Dari pengertian di atas saja sudah agak beda walaupun hanya sedikit. Perbedaan yang mendasar keduanya adalah pada ada tidaknya instrumen yang digunakan. Pada Tes Psikometri, ada instrumen yang digunakan, sedangkan pada Psikotes tidak harus ada instrumen yang digunakan.

Apa yang dimaksud instrumen pada tes psikometri?

Instrumen yang dimaksud dalam psikometri yaitu berupa alat bantu tes (Alat Ukur) yang sudah distandarisasi, misalnya yang terkenal yaitu MMPI . MMPI adalah salah satu model alat ukur psikologi seseorang yang terbilang lengkap, karena telah teruji oleh sekian banyak orang di seluruh dunia. MMPI terdiri dari beberapa pertanyaan yang harus dijawab, benar atau salah. MMPI sudah beberapa versi sekarang sudah dikembangkan untuk anak-anak, dewasa, dan sudah di adaptasi ke dalam berbagai macam bahasa.

Sedangkan Tes Psikologi atau Psikotes tidak harus menggunakan alat bantu, misalnya psikotes bisa dilakukan hanya dengan melakukan wawancara (ngobrol), tidak perlu instrumen penilaian yang ribet seperti tes psikometri. Tentu saja psikotes dengan wawancara banyak kekurangannya.

Oleh karena itu di Indonesia lebih dikembangkan Tes Psikologi dengan metode Tes Psikometri dimana ada instrumen atau alat ukur bantuan untuk menilai aspek psikologi seseorang.
Kesimpulan yang dapat diambil, Tes Psikometri adalah bagian dari Psikotes yang menggunakan instrumen untuk mempermudah penilaian aspek psikologis seseorang. Dengan adanya instrumen tersebut, maka hasil tes bisa lebih terstandar dan mudah dinilai.

Demikian Perbedaan Psikotes dan Tes Psikometri, semoga bermanfaat dunia akhirat.




0 Response to "Inilah Perbedaan Tes Psikometri dengan Psikotes"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.