Apakah TKHI harus berstatus PNS?


Kesehatanhaji.com – Berawal dari munculnya pertanyaan di Fans Page Kesehatan Haji, maka kami berniat untuk membahas ini dalam pembahasan khusus. Pertanyaan tersebut adalah Apakah TKHI harus berstatus PNS?


Jawabannya :
Tidak harus. Dari swastapun bisa, asal lolos dari seleksi penerimaan rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia yang diadakan Kemenkes, maka insyaAllah bisa menjadi TKHI.
Banyak yang penasaran dengan pertanyaan ini karena beranggapan bahwa harus jadi PNS dahulu supaya bisa menjadi TKHI. Faktanya, ada rekan petugas kesehatan saya yang dari klinik / RS Swasta justru bisa berangkat menjadi petugas kesehatan haji Indonesia. Asalkan lolos tes rekrutmen PKHI, insyaAllah bisa berangkat bertugas.

Baca Juga : Persyaratan Menjadi Petugas Kesehatan Haji Indonesia

Keuntungan bila Menjadi TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia)

TKHI atau tim kesehatan haji Indonesia merupakan tenaga kesehatan khusus yang ditempatkan didalam kloter haji. TKHI ini bertugas mengawal kesehatan para jemaah haji Indonesia, dari mulai pemberangkatan sampai dengan pemulangan. TKHI nanti akan mendampingi jemaah haji Indonesia dimanapun mereka berada. Artinya, TKHI akan berkesempatan menunaikan ibadah haji, dengan tetap mengutamakan tugasnya sebagai petugas kesehatan di dalam kloter.

Keberadaan TKHI sangat penting dalam kloter, karena kebanyakan jemaah haji asal Indonesia berusia lanjut dan mempunyai faktor resiko tinggi kesehatan. TKHI akan melakukan kontak pertama kali dengan jemaah haji yang sakit, memberikan pertolongan pertama dan pengobatan yang dibutuhkan, juga melakukan rujukan ke sarana kesehatan yang ada di Arab Saudi.

Semua petugas kesehatan haji yang muslim pasti ingin menjadi TKHI, karena banyak manfaat dan keuntungan yang didapatkan. Kami akan membahasnya singkat saja. Berikut ini adalah keuntungan apabila menjadi TKHI :
  1. TKHI bisa menunaikan ibadah haji bersama para jamaah tanpa harus meninggalkan tugas pelayanan kesehatan jemaah haji
  2. Mendapatkan pengalaman berharga karena bisa berziarah ke Tanah Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, juga beberapa situs bersejarah lainnya.
  3. Dapat menunaikan ibadah Umrah
  4. Bila mempunyai niat ikhlas karena Allah, akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah subhanahuwata’ala
Namun, untuk menjadi TKHI cukup ketat persaingannya, bayangkan saja berapa tenaga kesehatan muslim di seluruh Indonesia yang berniat menjadi pelayan kesehatan tamu Allah. pasti sangat banyak. Tes nya pun beragam, walaupun sekarang tes dipermudah dengan sistem online.
Silahkan bagi petugas kesehatan Indonesia yang beragama Islam, berminat menjadi TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) atau PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia) mendaftarkan diri di website puskeshaji. Tidak Harus PNS, yang swasta juga boleh, asal memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Semoga Niat baik kita dicacat oleh Allah menjadi satu kebaikan, insyaAllah.