Heboh di Medsos : Gagal Berangkat Haji karena Gagal Ginjal



Kesehatanhaji.com – Beberapa waktu yang lalu, media sosial dihebohkan dengan adanya seorang calon jemaah haji gagal berangkat ke Tanah Suci karena menderita Gagal Ginjal Kronis yang mengharuskan untuk melakukan cuci carah secara rutin di Rumah Sakit. Padahal kondisi calon jemaah tersebut sudah berada di Embarkasi, berpakaian lengkap dan siap berangkat. Berikut pesan lewat media sosial tersebut :

“Bantu Viralkan.. WALAUPUN MATI BAPAK KAMI DI TANAH SUCI, TIDAK APA2”
lihat video nya satu menit aja.. Miriss “
Sungguh mengharukan jamaah haji ini… “
Ramli, calon # jemaahhaji asal # padang # kloter1
# embarkasipadang ini histeris saat dinyatakan batal berangkat haji karena didiagnosa mengidap penyakit gagal ginjal. Usai acara pelepasan calon jemaah haji.
Padahal dosen di salah satu universitas negeri di padang ini telah menabung selama 7 th untk bisa naik haji, ia kecewa karena sebelumnya dinyatakan memenuhi syarat untk melaksanakan ibadah haji dan sudah menerima manifest calon jemaah haji bahkan gelang haji yg merupakan tahapan akhir syarat pelaksanaan haji..
Coba lihat video mereka pas pulang berdua itu… Nyeesseeek amat… Udah pakai seragam haji bukan nya berangkat, malah balik pulang..
Apa yg mereka pikirkan pasti hancurr, 7 tahun menabung, mau berangkat malah di halangi oleh manusia. “
Sakit dan maut serahkan aja sama Allah.
Masa manusia menghalang2i ayahanda kita untuk beribadah, lagian kluarga nya sudah ikhlas kalapun ajal menjemput saat berada di baitullah.
.. Bayangin klo itu orang tua atau keluarga kita.. Ya Allah… hasbunallah wa ni’mal wakil..
Lupakah akan kekuasaan dan keajaiban dari Allah… wahai Manusia yg melarang Ayahanda kita ini utk berangkat haji ? Jika Allah menghendaki ia sehat di tanah suci cukup dengan “KUN FAYAKUN”
sekali lagi ingat “sehat,sakit dan mati urusan Allah”
bantu share agar semakin banyak orang yang mendoakan bapak dan ibu ini. Yang sabar ya pak..
” semoga Allah memberikan pahala haji untuk ayahanda kita ini. Aamiin ya Rabb..
# permenkes ig: budi.s

Gagal Berangkat Haji karena Tidak Istithoah dalam Kesehatan

Salah satu penyebab seorang calon jemaah haji gagal berangkat adalah karena tidak memenuhi istithaah kesehatan. Ini sudah termaktub dalam Permenkes No. 16 Tahun 2016 Tentang Istithaah kesehatan. Kasus di atas seharusnya dapat dihindari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, apalagi kondisi Gagal Ginjal Kronis atau CKD bukanlah penyakit yang tiba-tiba ada, ada proses patologi yang lama dan dapat dideteksi oleh dokter pemeriksa kesehatan.
Dengan adanya Permenkes No, 16 Tahun 2016 ini membuat calon jemaah haji wajib menjaga kesehatannya, agar nanti bisa berangkat ke Tanah Suci dalam keadaan yang sehat walafiyat.

Baca juga : 11 Penyakit yang tidak memenuhi istithaah kesehatan

Berhaji hanya Bagi yang Mampu

Status di atas memang sempat heboh di media sosial, terlebih lagi status tersebut hanya merupakan satu sudut pandang saja. Pemerintah melalui Kementrian Kesehatannya, telah melakukan penelitian mendalam tentang beberapa penyakit yang tidak memenuhi istithaah kesehatan ini. Jadi tidak mungkin mereka memasukkan penyakit yang ringan.
Ibadah haji dan umrah, merupakan ibadah fisik dan tentu saja benar-benar butuh kondisi tubuh yang sehat. Dan kami kira tidak selayaknya seorang muslim bersih keras untuk menunaikan ibadah haji dalah keadaan tidak istithaah dan berniat untuk mati disana.

Baca juga : Pengalaman Cuci Darah Saat Umrah 2017 di Arab Saudi

Alternatif bagi yang tidak memenuhi istithaah kesehatan

Solusi lain yang bisa dilakukan apabila tidak memenuhi istithaah kesehatan dengan melakukan haji badal. Ketentuannya dapat dibaca pada link berikut ini : https://rumaysho.com/2583-hukum-badal-haji249.html

Semoga bermanfaat, semoga Allah memberikan kebaikan untuk calon jemaah haji yang gagal berangkat karena tidak memenuhi istithaah kesehatan.




0 Response to "Heboh di Medsos : Gagal Berangkat Haji karena Gagal Ginjal"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.