Perubahan Sistem Rekrutmen TKHI dan PPIH Kesehatan 2018


Mulai tahun 2018 ini, pemerintah melakukan perubahan mendasar penerimaan atau rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia.

Poin-poin Perubahan Sistem Rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia 2018 dan seterusnya


  1. Pendaftaran rekrutmen untuk tahun 2019 sudah ditutup tanggal 13 Oktober 2018 pukul 24.00 WIB, sedangkan bagi yang sudah mendaftar secara online, upload kekurangan berkas masih dapat dilaksanakan sampai hari Minggu tanggal 21 Oktober 2018 pukul 24.00 WIB.
  2. Pada rekrutmen calon TKHI/PPIH tahun mendatang, sudah tidak menggunakan Nomor Akun (NA) yang telah dibuat.
  3. Tahapan rekrutmen sudah tidak ada lagi pengiriman berkas, tahapan langsung verifikasi berkas secara online.
  4. Bagi petugas yang lulus sebagai calon TKHI dan PPIH, berkas asli dan hasil Medical Check Up (MCU) dibawa pada saat pelatihan. Bagi yang tidak dapat menunjukkan berkas asli akan dibatalkan.
  5. Tes Psikometri, pengukuran kebugaran dan pemeriksaan lainnya bagi calon TKHI/PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan dilaksanakan pada saat pelatihan kompetensi.

Perubahan ini dapat dilihat pada surat edaran dari Kepala Pusat Kesehatan Haji berikut ini :

Kami sendiri penasaran dengan sistem rekrutmen TKHI dan PPIH tahun depan, bagaimana mekanismenya karena tahun depan tidak lagi menggunakan sistem nomor akun (NA). Sistem NA ini sebenarnya banyak memberikan kemudahan bagi pendaftar, namun juga menyisakan sedikit catatan sedih saat salah memasukkan data pembuatan nomor akun, hal ini mengakibatkan akun yang memang terikat dengan NIK tidak dapat diakses, akhirnya peminat tidak dapat melanjutkan proses selanjutnya. Belum lagi sulitnya mendapatkan layanan bantuan di sistem NA, lama respon atau bahkan tidak sempat terespon karena banyaknya email keluhan yang masuk. Ini dapat dimaklumi...

Bagi yang sudah mendaftar segera lengkapi persyaratan yang diperlukan. Bagi yang belum, silahkan mencoba untuk tahun depan. Semoga Pelayanan Kesehatan Haji Indonesia semakin baik dengan adanya sistem rekrutmen yang baru.



1 Response to "Perubahan Sistem Rekrutmen TKHI dan PPIH Kesehatan 2018"

  1. semoga menjadi lebih baik lagi...
    www.essenkatilayu.com

    ReplyDelete

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.