Pencarian Berita Haji

Cara Mengetahui Perkiraan Tahun Keberangkatan Haji


Kesehatanhaji.com - Mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji sekarang sangat mudah. Banyak sekali aplikasi android di Playstore maupun di beberapa website yang menawarkan fitur pengecekan perkiraan keberangkatan haji. Kementrian Agama pun mengeluarkan aplikasi Haji Pintar yang didalamnya terdapat fitur pengecekan Tahun Keberangkatan Haji

Data Calon Jemaah Haji dapat diakses Online

Pendaftaran haji di Indonesia sudah menggunakan sistem IT yang canggih. Semua data calon jamaah haji Indonesia yang telah mendaftar dapat dicek melalui website maupun aplikasi android. Data yang disediakan oleh Kementrian agama adalah Nomor Porsi, Nama, Kabupaten/Kota, Provinsi, Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus, Posisi Porsi Pada Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus, Perkiraan Berangkat Hijriah, Perkiraan Berangkat Tahun Masehi

Nomor Porsi

Nomor porsi adalah 10 digit nomor yang diperoleh setelah calon jemaah haji melakukan pembayaran setoran awal 25 juta kepada BPI - BPIH (Bank Penerima Setoran - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Nomor porsi ini yang akan kita gunakan untuk mengetahui perkiraan tahun keberangkatan calon jemaah haji.

Cara Mengetahui Tahun Keberangkatan Haji


# 1 Melalui Aplikasi Android
Anda bisa melakukan pencarian aplikasi android di PlayStore dengan keyword "Porsi Haji" atau "Keberangkatan Haji". Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang mempunyai fitur pengecekan Tahun Keberangkatan haji.

Kementrian Agama RI pun sebenarnya telah mengeluarkan aplikasi android dengan fitur pengecekan tahun perkiraan keberangkatan. Aplikasi tersebut adalah aplikasi Haji Pintar.

Silahkan cek disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hajiproject&hl=in

Namun dibagian review banyak yang menyesalkan sering terjadinya error pada fitur tersebut. Semoga segera dapat digunakan kembali.


# 2 Melalui Website 
Ada beberapa website yang menawarkan pengecekan tahun keberangkatan. Sebagai contoh adalah situs https://www.daftarhajiumroh.com/langkahlangkah-untuk-mendapatkan-info-periode-keberangkatan-haji/ . Disana anda dapat melakukan pengecekan tahun keberangkatan.

Apabila anda ingin yang lebih resmi, Kementrian Agama RI sudah menempatkan form khusus pengecekan perkiraan tahun keberangkatan haji. Silahkan mengunjungi website Kementrian Agama dan masukkan nomor porsi sesuai arahan dalam website. Link https://haji.kemenag.go.id/v3/



# 3 Melalui Call Center Haji Indonesia
Pengecekan melalui call center dilakukan apabila server yang disediakan Kementrian Agama baik dari website maupun aplikasi mengalami error atau hambatan. Error terjadi biasanya saat musim haji dan beberapa waktu setelah musim haji berakhir. Hal ini disebabkan karena banyaknya yang mengakses server dan penataan ulang yang dilakukan oleh sistem.

Silahkan menghubungi Call Center Haji Indonesia pada nomor telepon 021 500425 atau menghubungi bagian data Kementrian Agama di nomor 021-3509177, 021-3509178, 021-3509179, 021-3509180, 021-3509181.

Untuk haji khusus dan haji plus dapat menghubungi di nomor 021-34833924

Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Mengetahui Perkiraan Tahun Keberangkatan Haji"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.