Pencarian Berita Haji

Tips Memilih Biro Perjalanan Umroh Agar Tidak Tertipu


Kesehatanhaji.com - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Berbeda dengan haji, penyedia layanan umroh di Indonesia adalah agen perjalanan umroh yang secara resmi ditunjuk oleh Kementrian Agama. Nah, Bagi anda yang ingin melaksanakan umroh, berikut adalah Tips Memilih Biro Perjalanan Umroh Agar Tidak Tertipu.



# 1. Pilih yang Resmi Berizin dari Kementrian Agama

Maraknya bisnis perjalanan umroh membuat segelintir orang untuk berusaha mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Apalagi animo masyarakat Indonesia yang sebagian besar beragama Islam juga sangat besar. Tercatat beberapa Travel Agen melakukan penipuan terhadap jemaah nya, sebut saja First Travel dan Abu Tour yang kasusnya sempat menyita perhatian publik bahkan hingga sekarang ini.

Nah, agar tidak tertipu, jangan lupa cek Izin Resmi Penyelenggara Umroh di Kemenag. Anda bisa mendapatkan informasi melalui website resmi Kementrian Agama atau bisa datang langsung ke Kantor Kementrian Agama di Kota/Kabupaten anda berada.
Izin Resmi ini menjamin bahwa Travel Agen Penyelenggara Umroh yang akan anda pilih mempunyai catatan yang baik dan diakui oleh Kementrian Agama.

Cek Biro Perjalanannya bisa klik disini https://simpu.kemenag.go.id/

# 2. Lihat Paket Perjalanan Umrohnya

Menurut Kementrian Agama, paket umroh yang logis sekitar 20 juta atau lebih. Apabila ada paket umroh yang mempunyai harga kurang dari itu maka perlu dicurigai bahwa paket atau biro perjalanannya bermasalah.

Harga 20 juta itu adalah paket sesuai standar pelayanan minimal, meliputi bimbingan ibadah umroh, transportasi, akomodasi, konsumsi, kesehatan jamaah, serta perlindungan jamaah.

Bila anda ingin fasilitas yang lebih dari standar pelayanan minimal, tidak ada salahnya anda memilih paket yang lebih mahal.


# 3. Pastikan Mendapat Nomor Registrasi Umroh

Seltelah anda melakukan pendaftaran umroh pada biro perjalanan yang anda inginkan, pastikan anda memperoleh Nomor Registrasi Umroh. Nomor ini berfungsi seperti nomor porsi pada haji, yaitu dapat digunakan untuk melakukan pengecekan kapan pemberangkatan umroh.

Apabila anda sudah mendapat Nomor Regsitrasi Umroh, anda dapat melakukan pengecekan pada website Kementrian Agama melalui aplikasi Sipatuh

Untuk Cek Keberangkatan Umroh Klik disini https://sipatuh.kemenag.go.id/umroh

# 4. Cermati Skema Kerja Biro Umroh

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah, ada beberapa hal yang dilarang dalam penyelenggaraan umroh, diantaranya :

Tidak boleh lagi ada penjualan paket umrah menggunakan skema ponzi (gali lubang tutup lubang), sistem berjenjang, investasi bodong, dan sejenisnya yang berpotensi merugikan jemaah. Juga dilarang pula mempergunakan dana talangan yang berpotensi menjerat jamaah umroh.

Bila anda mensinyalir ada permainan seperti itu pada biro perjalanan umroh yang akan anda gunakan, sebaiknya urungkan niat karena pasti akan merugikan diri sendiri.

Skema Ponzi (Gali Lubang Tutup Lubang) adalah sistem yang digunakan oleh First Travel untuk menipu jamaah umrohnya, adapun dana umroh yang seharusnya digunakan untuk mengurus proses umroh malah digunakan untuk menggaji karyawan dan memenuhi kebutuhan pemiliknya, sangat disayangkan.

Itulah beberapa Tips Memilih Biro Perjalanan Umroh Agar Tidak Tertipu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa komen dan share agar banyak yang tahu dan tidak tertipu.

0 Response to "Tips Memilih Biro Perjalanan Umroh Agar Tidak Tertipu"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.