"Segenap keluarga website kesehatanhaji.com, mengucapkan Selamat Merayakan Hari Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1440 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin"

Hukum Menggunakan Pil Penunda Haid Saat Haji


Kesehatanhaji.com - Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Untuk bisa berangkat berhaji, umat Islam di Indonesia harus antri bertahun tahun dan membayar biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Sehingga sangat disayangkan apabila setelah di sana tidak bisa menunaikan ibadah haji atau umroh karena haid. Kali ini kita akan mencari tahu Hukum Menggunakan Pil Penunda Haid bagi wanita saat Haji.

Hukum Ibadah Haji

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang hukum menunaikan ibadah haji yaitu fardlu 'ain (wajib) bagi setiap muslim atau muslimah yang mampu. Dalilnya adalah Firman Allah ta'ala

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imron: 97).
dan masih banyak dalil lagi baik dari Al-Qur'an dan Sunnah.

Perkataan Ulama Tentang Penggunaan Pil Penunda Haid

Banyak sekali ulama yang pernah membahas masalah ini, baik ulama terdahulu maupun ulama masa kini. Hampir semua ulama membolehkannya.

Namun ada pula yang membolehkannya dengan beberapa catatan diantaranya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin ketika ditanya pertanyaan tersebut, beliau menyatakan boleh namun harus dengan rekomendasi dari dokter.

Syaikh Sholeh Al Fauzan pun juga membolehkan dengan syarat tidak muncul efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Fatwa Boleh Menggunakan Pil Penunda Haid Bukan Berarti Mewajibkannya

Pemakaian Pil Penunda Haid dapat menimbulkan efek samping, dan efek samping ini berbeda-beda tiap wanita. Apabila anda seorang wanita, ada beberapa pertimbangan agar tidak menggunakan pil pencegah haid pada saat berhaji :

# 1. Pil penunda Haid mempunyai efek yang berbeda beda, ada yang mual, sakit pada payudara, gelisah dan lain-lain yang berpotensi mengganggu kekhusukan ibadah haji.

# 2. Ibadah Haji merupakan ibadah yang banyak sekali membutuhkan tenaga fisik dan  psikis. Walaupun sudah meminum obat penunda haid, beberapa wanita masih mengalami haid namun sedikit-sedikit, biasanya berupa perdarahan kecil namun sering. Ada juga yang keluar flek-flek kehitaman yang justru membuat wanita tambah bingung, apakah ini darah haid atau bukan. Hal ini biasanya disebabkan karena kelelahan dan keadaan psikis yang tidak stabil karena prosesi ibadah haji ataupun karena efek dari Pil penunda haid tersebut.

# 3. Wanita Haid masih bisa melakukan prosesi haji, kecuali thawaf. Sebagaimana hadist Aisyah ra yang mendapat haid ketika haji, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

هَذَا شَيْءٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ، افْعَلِي مَا يَفْعَلُ الْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِي

“Ini adalah sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah pada anak-anak wanita Adam. Lakukanlah apa yang dilakukan seorang yang haji selain thawaf di Ka’bah sampai engkau suci.”

# 4. Beberapa ulama memberikan penjelasan bahwa haji tetap sah walaupun tidak sempat melakukan thawaf ifadah karena ada udzur syar'i berupa haid.
# 5. Banyak ibadah lain yang bisa dilakukan saat haid, diantaranya membaca Al-Qur'an tanpa menyentuh mushaf, misal melalui smartphone.

Itulah beberapa pembahasan dari Hukum Menggunakan Pil Penunda Haid saat Haji. Tentu ada yang setuju namun ada punya yang tidak setuju, namun para ulama sepakat membolehkan penggunaan Pil Penunda Haid selama tidak ada efek samping yang membahayakan. Lebih jelasnya, silahkan membaca beberapa rujukan berikut ini :

https://muslim.or.id/18023-hukum-dan-syarat-haji.html
https://rumaysho.com/2626-penggunaan-obat-penghalang-haidh-saat-haji313.html
https://muslimah.or.id/6469-lebih-baik-tidak-menggunakan-pil-pencegah-haid-selama-haji.html

Semoga tulisan ini bermanfaat. Silahkan share dan tinggalkan komentar

0 Response to "Hukum Menggunakan Pil Penunda Haid Saat Haji"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.