"Segenap keluarga website kesehatanhaji.com, mengucapkan Selamat Merayakan Hari Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1440 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin"

Kasasi Di Tolak, Korban Penipuan First Travel Tidak Bisa Berangkat Umroh


Kesehatanhaji.com - Mahkamah Agung menolak kasasi tiga terdakwa penipuan calon jamaah umroh First Travel. Hal ini berdampak pada jamaah korban penipuan FT kehilangan kesempatan untuk bisa ke Tanah Suci menunaikan Umroh dkutip dari Ihram co id.

Kabar tentang First Travel memang sempat menyita perhatian publik di Indonesia beberapa tahun lalu. Banyaknya korban penipuan dan jumlah kerugian yang diderita para jamaah membuat pemerintah memperketat mekanisme perijinan umroh.

Penipuan First Travel memang terbilang sensasional, pernah melibatkan sejumlah publik figur dan artis di tanah air. Akibatnya banyak calon jamaah umroh tertipu dengan first travel.

Selain itu biaya umroh yang murah, dan iming-iming fasilitas yang wah membuat First Travel berhasil setidaknya mengumpulkan dana hampir 1 Triliun dari calon jamaahnya. 

Pemilik First Travel ditahan

Pemerintah menahan pemilik First Travel yaitu  Andika Surachman, Anniesa Desvitasari Hasibuan dan Siti Nuriada Hasibuan. Pemerintah juga membuka posko khusus untuk pengaduan korban First Travel.

Setelah melalui persidangan akhirnya pengadilan Negeri Depok menetapkan vonis hukuman kepada terdakwa yaitu Andhika selama 20 tahun, Anisa Hasibuan selama 18 tahun dan Siti Nuaradi 15 selama tahun penjara. Selain vonis tersebut, hakim juga memutuskan bahwa semua aset First Travel akan dirampas untuk negara.

Setelah keputusan tersebut, pengacara korban First Travel mengajukan kasasi. Namun kasasi tersebut ditolak dan memupuskan harapan korban penipuan First Travel untuk menjalankan ibadah umroh seperti yang diungkapkan Riesqi (dikutip dari ihramcoid). 11/2/2019

"Adapun jumlah korban menurut dakwaan jaksa adalah 63 ribu jamaah. Sedangkan menurut PKPU 58 ribu jamaah, Advokat Pro Rakyat akan segera melakukan upaya hukum dalam dua hingga tiga hari ke depan," kata Riesqi

First Travel Hanya Satu dari Banyak Kasus Travel Bermasalah

Setelah mencuatnya kasus First Travel, muncul banyak perusahaan travel yang terindikasi bermasalah. Sebut saja yang tidak kalah dari First Travel yaitu Abu Tour. Abu tour juga menggelapkan uang jamaahnya sebesar 1,6 Triliun, tidak kalah dengan First Travel.

Selain menipu jemaahnya, ternyata First Travel maupun Abu Tour juga mempunyai hutang yang tidak sedikit kepada penyedia akomodasi, hotel baik di Indonesia maupun di Arab Saudi.

Pemerintah benar benar kecolongan, dan akhirnya pemerintah melakukan penertiban izin umroh melalui Kemenag. Beberapa kebijakan telah diambil seperti pelarangan skema Ponzi pada penyelenggaraan umroh, pemberangkatan paling lama 3 bulan dan adanya nomor registrasi jamaah umroh.


Semoga Allah mengganti dana umroh yang digelapkan oleh First Travel dengan yang lebih baik.

0 Response to "Kasasi Di Tolak, Korban Penipuan First Travel Tidak Bisa Berangkat Umroh"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.