Pelunasan BPIH 2019 Tunggu Keputusan Presiden


Kesehatanhaji.com - Beberapa waktu lalu Kementrian Agama menetapkan bahwa BPIH tahun 2019 ini yaitu rata-rata sebesar 35,2 juta. Pelunasan BPIH ini belum bisa dilakukan karena harus menunggu keputusan Presiden RI.

"Untuk pelunasan BPIH kami sedang memproses Keputusan Presiden (Keppres) sebagaimana amar dari Undang-undang No.13 Tahun 2008, biaya haji ditetapkan presiden setelah mendapat persetujuan panja BPIH antaran DPR RI Komisi VIII dan Kementerian Agama," Khoirizi kepada Republika.co.id 12/2/2019

Saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan kontrak dengan beberapa penyedia jasa hotel, katering dan transportasi di Arab Saudi. Tiga tim akan diterjunkan untuk melakukan persiapan tersebut.

Semua kebutuhan di Arab Saudi akan digunakan dari BPIH yang dibayarkan calon jamaah haji Indonesia. Ditambah dengan dana optimalisasi haji yang rencananya akan ditambahkan untuk operasional haji tahun ini.

Biaya Haji Indonesia Termurah se Asia Tenggara

Menurut pantauan media, BPIH di Indonesia adalah yang termurahbjika dibandingkan dengan negara negara ASEAN lainnya. Dimana biaya haji termahal dipegang oleh negara Brunei Darussalam, kemudian disusul Malaysia.

Pada tahun ini, biaya haji di Indonesia tidak mengalami kenaikan. Namun menurut Lukman Syaifudin (Menag), walaupun biayanya tidak mengalami kenaikan, kualitas pelayanan disana insyaAllah naik. Misalnya dengan penambahan fasilitas AC ditenda arafah dan tempat buang air di Mina yang akan diperbanyak.

Penetapan pembayaran BPIH ini sebenarnya melalui keputusan presiden memang mempertimbangkan banyak hal, terutama perubahan kurs mata uang rupiah terhadap dolar Amerika. Semakin mepet dengan permulaan musim haji, maka semakin sedikit tambahan biaya akibat perubahan kurs tersebut.
 
Sebaliknya, apabila tenggat waktu pembayaran dan musim haji nya panjang, maka akan banyak harga komponen biaya yang akan berubah karena menyesuaikan dengan kurs mata uang dolar.
Semoga Keputusan Presiden terkait dengan Pelunasan BPIH segera keluar sehingga calon jamaah haji bisa mempersiapkan hal lainnya.

"Kita masih menunggu" ujar salah satu calon jemaah haji Indonesia

0 Response to "Pelunasan BPIH 2019 Tunggu Keputusan Presiden"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.