Tim Persiapan Haji 2019 Kemenag Mulai Bergerak


Kesehatanhaji.com - Persiapan musim haji 2019 sudah mulai disiapkan pemerintah. Kemarin pemerintah sudah mengirimkan tim yang mengurus masalah akomodasi, katering dan transportasi ke Arab Saudi. Dikutip dari Ihramcoid

Tim Ahli Diberangkatkan

Tiga tim akan diberangkatkan ke Arab Saudi, begitu yang disampaikan Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis. Ketiga tim tersebut akan mengurus segala sesuatunya sebelum musim haji berlangsung.

Tim katering berasal dari subdit catering ditambah seorang dari sekolat tinggi pariwisata Bandung ahli tata boga. Tim ini bertugas selama 60 hari.

Tim transportasi berasal dari subdit transportasi ditambah seorang dari Dirjemln Perhubungan Darat. Tim ini akan bertugas membuat rute bus sholawat yang akan melayani jamaah haji selama ditanah suci. Tim ini akan bekerja sama dengan tim akomodasi untuk pemetaan maktab dan alur transportasinya. Tim ini akan bekerja selama 45 hari.

Tim akomodasi sendiri akan bekerja selama 85 hari.

“Jadi tugas mereka adalah menerima pendaftaran dari penyedia di sana lalu setelah itu dilakukan verifikasi administrasi dan teknis ke lapangan,” kata Sri.

Tugas ini terbilang berat karena tim akan melakukan penilaian lapangan, mengecek persyaratan yang telah ditetapkan dan setelah itu akan melakukan negosiasi. Setelah semua selesai barulah diusulkan untuk ditetapkan oleh KPA.

"Tim ini tugasnya memilih penyedia-penyedia baik transportasi akomodasi dan catering yang ditetapkan dalam pedoman dirjen. Tim ini bekerja sesuai pedoman,” kata Sri.

Menurut beliau, tim yang diberangkatkan adalah tim yang benar benar mengerti keadaan disana, mengerti bahasa Arab, karena tim akan melakukan negosiasi dengan penyedia layanan akomodasi, transportasi maupun katering.

Ini pekerjaan yang sulit, karena kita harus bersaing dengan negara negara lain. Dan lagi harga yang ditawarkan Indonesia lebih rendah daripada harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan, sudah pasti akan terjadi negosiasi yang panjang sampai benar benar terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak.




Sikap Jemaah Haji Indonesia Mempermudah Negosiasi Penyedia Layanan Haji

Beliau juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki nilai tawar tersendiri bagi para penyedia layanan tersebut. Mereka rata rata sangat menghargai jemaah haji Indonesia karena disiplin, tertib dan ini menjadi poin khusus yang memudahkan proses negosiasi dengan penyedia layanan tersebut.

Semoga tim ini nanti dapat memberikan layanan haji yang terbaik bagi jemaah haji Indonesia pada musim haji kali ini. 1440 H 2019 M, Aamiin.

0 Response to "Tim Persiapan Haji 2019 Kemenag Mulai Bergerak"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.