Arab Saudi Telah Membuka Lockdown Perlahan


Setelah beberapa minggu melakukan lockdown, Arab Saudi pertanggal 29 April 2020 mulai melonggarkan aturan tersebut secara perlahan.


Beberapa toko ritel dan pusat perbelanjaan di Arab Saudi sudah mulai beroperasi pada pukul 5 pagi sampai dengan 5 sore waktu setempat. Ini untuk menjaga agar kebutuhan warga negara Arab Saudi terpenuhi setelah aturan lockdown diterapkan.

Pemeriksaan kesehatan termasuk suhu tubuh tetap dilakukan di setiap pintu masuk mall. Apabila pengunjung mempunyai suhu tinggi yang lebih dari 38 derajat Celcius maka pengunjung tersebut tidak diperkenankan masuk mall dan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di pusat medis terdekat.

Seperti dikutip dalam Kompas.com, dari Arab news.com juru bicara Menteri Perdagangan dan Investasi Arab Saudi mengatakan bahwa perusahaan komersial boleh beroperasi tetapi tetap harus melakukan pengecekan suhu tubuh pada karyawannya dan harus menerapkan social distancing di setiap lantai mall agar tidak terjadi kontak antar para pengunjung mall yang berpotensi menyebarkan virus corona.

Pengunjung mall pun saat ini masih di batasi, anak-anak di bawah usia 15 tahun, orang lanjut usia yang usianya lebih dari 65 tahun atau orang yang mempunyai penyakit penyakit seperti jantung paru-paru diabetes dilarang mengunjungi mall.

Lalu bagaimana dengan masjid? Apakah Arab Saudi telah melonggarkan lockdown secara perlahan pada masjid-masjid tertentu di sana?

Sebagai perbandingan bahwa dari 1344 kasus virus corona hanya 17% yang merupakan warga asli Arab Saudi sedangkan 83% nya adalah ekspatriat atau pendatang.

Kematian di Arab Saudi juga telah terjadi, rata-rata pasien meninggal berumur 46 sampai 75 tahun dan kesemuanya itu mempunyai penyakit kronis seperti diabetes penyakit jantung dan lain sebagainya. Orang lanjut usia dengan usia lebih dari 65 tahun dia lebih berpotensi untuk mengalami serangan virus Corona yang hebat sehingga perlu dilakukan pembatasan ketat agar orang-orang dengan usia 65 tahun ke atas ini tidak melakukan kontak langsung dengan orang-orang luar pada saat ini.

Arab Saudi juga menerapkan menyarankan untuk menggunakan pembayaran uang secara elektronik untuk meningkatkan untuk menurunkan transmisi dari virus Corona yang dilakukan yang mungkin terjadi pada saat pertukaran uang.

Semoga Arab Saudi segera mengakhiri lockdown mereka sehingga negara-negara lain dapat masuk dan dapat menunaikan ibadah haji pada tahun ini amin.

0 Response to "Arab Saudi Telah Membuka Lockdown Perlahan"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.