Bukan Dukhan atau Meteor, Inilah Fakta Hadits Suara Keras Pertengahan Bulan Ramadhan


Viral di media sosial tentang postingan bahwa akan terjadi ledakan besar pada pertengahan bulan Ramadhan pada hari Jumat. Hal ini didasari hadis Nabi sallallahu alaihi wasallam. Namun apakah hadis tersebut benar? 

Terdapat fakta menarik kemunculan postingan tersebut adalah tiap tahun yang pertengahan bulan Ramdhan nya adalah hari Jum'at, selalu dimunculkan. Padahal para ulama telah mebahas masalah ini. Berikut adalah teks hadits tersebut :

Nu’aim bin Hammad berkata: “Telah menceritakan kepada kami Abu Umar, dari Ibnu Lahi’ah, ia berkata; Telah menceritakan kepadaku Abdul Wahhab bin Husain, dari Muhammad bin Tsabit Al-Bunani, dari ayahnya, dari Al-Harits Al-Hamdani, dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda: “Bila telah muncul suara di bulan Ramadhan, maka akan terjadi huru-hara di bulan Syawal, kabilah-kabilah saling bermusuhan (perang antar suku, pent) di bulan Dzul Qa’dah, dan terjadi pertumpahan darah di bulan Dzul Hijjah dan Muharram…”. Kami bertanya: “Suara apakah, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Suara keras di pertengahan bulan Ramadhan, pada malam Jumat, akan muncul suara keras yang membangunkan orang tidur, menjadikan orang yang berdiri jatuh terduduk, para gadis keluar dari pingitannya, pada malam Jumat di tahun terjadinya banyak gempa. Jika kalian telah melaksanakan shalat Subuh pada hari Jumat, masuklah kalian ke dalam rumah kalian, tutuplah pintu-pintunya, sumbatlah lubang-lubangnya, dan selimutilah diri kalian, sumbatlah telinga kalian. Jika kalian merasakan adanya suara menggelegar, maka bersujudlah kalian kepada Allah dan ucapkanlah: “Mahasuci Allah Al-Quddus, Mahasuci Allah Al-Quddus, Rabb kami Al-Quddus”, kerana barangsiapa melakukan hal itu, niscaya ia akan selamat, tetapi barangsiapa yang tidak melakukan hal itu, niscaya akan binasa”.

(Hadits ini diriwayatkan oleh Nu’aim bin Hammad di dalam kitab Al-Fitan I/228, No.638, dan Alauddin Al-Muttaqi Al-Hindi di dalam kitab Kanzul ‘Ummal, No.39627). 

https://muslim.or.id/8018-hadits-palsu-huru-hara-akhir-zaman-di-hari-jumat-pertengahan-ramadhan.html

Namun setelah di teliti ternyata hadist tersebut adalah hadits palsu, yang di sandarkan pada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Para ulama selalu menerangkan hal tersebut karena setiap ada kesempatan hadits tersebut sengaja dimunculkan untuk membuat gelisah umat Islam. Apalagi dikaitkan dengan kemunculan Dukhan pertanda akhir zaman.

Ada pulan orang-orang mengkaitkan hadits tersebut dengan adanya meteor asteroid yang akan mendekati Bumi pada tanggal 7-8 Mei 2020 atau 15 Ramadhan bertepatan hari Jumat pada tahun ini seperti yang diramalkan oleh NASA.

Nasa pun menyebutkan bahwa akan ada komet maksudnya adalah yang lintasannya mendekati orbit bumi tetapi disana tidak disebutkan bahwa komet tersebut akan memasuki atmosfer bumi ini hanya melewati saja namun bukan tidak mungkin akan terjadi gaya tarik-menarik antara bumi dan komet tersebut sehingga dapat menimbulkan suatu efek yang belum bisa kita jelaskan.

Ada beberapa mubaligh yang menggunakan hadist tersebut dan mengkaitkan ramalan dari NASA, agar umat Islam senantiasa mawas diri senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah karena sesungguhnya hari akhir. Namun apakah ini benar? Menggunakan Hadits Palsu untuk kebaikan, alangkah celakanya dia.

Barangsiapa berbohong atas nama Nabi sallallahu alaihi wasallam maka hendaknya dia menyiapkan tempat duduknya di neraka.

Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari no. 1291 dan Muslim no. 4).

https://muslim.or.id/21024-bahaya-dusta-atas-nama-nabi.html

Apabila ada broadcast di WhatsApp atau di media sosial lainnya, yang mengatakan bahwa hujjah mereka adalah hadis tersebut maka cukup kita katakan bahwa hadist yang dibawakan adalah palsu, sebaiknya jangan disebar karena kita tidak ingin dicap oleh Allah sebagai penyebar kebohongan atau kedustaan atas Nabi sallallahu alaihi wasallam.

Semoga Allah subhanahuwata'ala senantiasa melimpahkan shalawat serta salam kepada nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

0 Response to "Bukan Dukhan atau Meteor, Inilah Fakta Hadits Suara Keras Pertengahan Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Mohon Tidak Bertanya seputar informasi jemaah haji dan proses rekrutmen. Karena kami diluar kepanitiaan rekrutmen.